Monday, June 11, 2007

Sejarah Festival Iklan Pinasthika

Dalam rangkaian kegiatan 55 tahun SKH Kedaulatan Rakyat tahun 2000, diadakan lomba cipta iklan dengan nama Pinasthika Widyawara. Kegiatan ini hanya terbatas untuk iklan yang termuat di SKH Kedaulatan Rakyat. Insan kreatif di Yogyakarta sangat antusias dengan adanya Pinasthika Widyawara ini. Dengan berbagai pertimbangan serta kebesaran hati pihak SKH Kedaulatan Rakyat sebagai media yang membidani kegiatan tersebut, maka pada pelaksanaan tahun 2003, Pinasthika Widyawara diperluas tidak hanya untuk iklan yang termuat pada SKH Kedaulatan Rakyat saja, tetapi juga media luar ruang, cetakan, web desain dan sebagainya. Pelaksanaannya secara langsung ditangani oleh PPPI Pengda DIY.

Berdasarkan pelaksanaan Pinasthika Widyawara 2003, banyak masukan agar kegiatan ini dapat lebih dikembangkan lagi, salah satunya dari sisi peserta. Menanggapi hal tersebut, PPPI Pengda DIY merumuskan kegiatan ini menjadi sebuah festival/ajang kegiatan bagi para insan kreatif periklanan daerah dari seluruh Indonesia. Agar kegiatan ini lebih familier, maka nama kegiatan tersebut pada 2004 diubah menjadi Pinasthika Ad.Festival.

Dari sisi materi, kegiatan ini menjadi sebuah event dengan berbagai macam kegiatan seperti lomba karya iklan, seminar tentang kreatif, pameran periklanan dan sekaligus sebagai media interaksi antarinsan periklanan daerah. Sehingga dapat menambah wawasan dan mengetahui perkembangan terkini tentang industri periklanan di Indonesia. Pada akhirnya kegiatan ini diharapkan menjadi barometer perkembangan industri periklanan di Indonesia. Pinasthika Ad.Festival 2004 yang diselenggarakan tanggal 22-24 Juli 2004 lalu ternyata mendapatkan sambutan yang luar biasa, baik dari para praktisi periklanan dari berbagai daerah, dan dari pelaku-pelaku bisnis terkait di industri periklanan seperti production house, digital large print, advertising school, media, dll. Berbagai sanjungan dan pujian datang dari berbagai pihak, termasuk para praktisi periklanan senior Jakarta yang hadir pada saat itu. Pujian dan sanjungan tersebut tentu sangat membanggakan namun sekaligus beban berat untuk standar kualitas kegiatan serupa di tahun selanjutnya.

Pinasthika Ad.Festival 2005 kembali digelar pada tanggal 27-31 Juli 2005 bertempat di Sheraton Musthika Hotel Resort & Spa Yogyakarta. Fasilitas ruang yang jauh lebih besar dan lebih lengkap diharapkan mampu mengangkat image kegiatan Pinasthika Ad.Festival 2005 jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Menjadi sangat istimewa dengan adanya gallery karya-karya iklan (print Ad dan TVC) pemenang New York Festival tahun 2005, bahkan Executive Director New York Festival Michael Demetriades turut datang ke Jogja, dan hadirnya Juri Tamu Birger Linke dari Singapore menambah image dari Pinastika Ad.Festival 2005 ini. New York Festival adalah sebuah festival periklanan konon tertua di Dunia, karena mulai digelar sejak tahun 1947 di USA.

Tahun lalu, kami memberi brand gelaran kami 'Pinasthika Ad.Festival 2006'.

Tahun ini, kami mengubah brand Pinasthika Ad.Festival menjadi Festival Iklan Pinasthika 2007. Biar lebih membumi, lebih 100% Indonesia.

No comments: