Wednesday, July 9, 2008

Kategori Bawana

Bawana Kategori kompetisi iklan Pinasthika yang diikuti oleh seluruh agency nasional atau perorangan atau komunitas di seluruh Indonesia terutama non-afiliasi.

I. IKLAN CETAK

Iklan produk komersial yang ditayangkan di majalah/koran (ukuran min 2 x 100 mmk), dibagi 13 kategori:

  1. Iklan Makanan, Minuman, Rokok, Camilan dan Bumbu Masak
  2. Iklan Pendidikan
  3. Iklan Lembaga Jasa Keuangan dan Investasi
  4. Iklan Telekomunikasi, Elektronik dan Komputer
  5. Iklan Perlengkapan dan Perawatan Rumah Tangga
  6. Iklan Produk Kesehatan, Obat, Perawatan Pribadi, Pakaian dan Asesoris
  7. Iklan Otomotif dan Kaitannya
  8. Iklan Hotel, Pariwisata, Restoran dan Travel
  9. Iklan Media dan Kaitannya
  10. Iklan Korporat dan Biro Iklan
  11. Iklan Promosi Berhadiah dan Event
  12. Iklan Layanan Masyarakat (PSA)
  13. Iklan Lain-lain

Ketentuan Pengiriman

  1. Materi dikirim dalam bentuk Proof Print ukuran A3 ( 30 x 42 cm)
  2. Print out karya ditempelkan (mounting) pada kertas karton hitam dengan margin 3 cm di sekelilingnya
  3. Disertakan bukti penayangan pada media cetak
  4. Karya juga dikirim dalam bentuk file yang disimpan dalam CD (format JPG 300 dpi – RGB color) disertai dengan formulir entry.
II. RADIO
  1. Spot Iklan Produk
  2. Spot Iklan Event
  3. Spot Iklan Layanan Masyarakat

Ketentuan Pengiriman

  1. Materi dikirim dalam CD Audio, spesifikasi karya serta data pengirim
    ditulis di cover & CD
  2. Untuk iklan radio berbahasa daerah/asing, disertakan terjemahannya dalam bahasa Indonesia
  3. Sertakan script dalam bentuk print ukuran A4.
III. IKLAN MEDIA TELEVISI
  1. Iklan Makanan, Minuman, Rokok, Camilan dan Bumbu Masak
  2. Iklan Pendidikan
  3. Iklan Lembaga Jasa Keuangan dan Investasi
  4. Iklan Telekomunikasi, Elektronik dan Komputer
  5. Iklan Perlengkapan dan Perawatan Rumah Tangga
  6. Iklan Produk Kesehatan, Obat, Perawatan Pribadi, Pakaian dan Asesoris
  7. Iklan Otomotif dan Kaitannya
  8. Iklan Hotel, Pariwisata, Restoran dan Travel
  9. Iklan Media dan Kaitannya
  10. Iklan Korporat dan Biro Iklan
  11. Iklan Promosi Berhadiah dan Event
  12. Iklan Layanan Masyarakat (PSA)
  13. Iklan Lain-lain

Ketentuan Pengiriman

  1. Durasi iklan hanya untuk 15, 30 dan 60 detik
  2. Tidak diperkenankan mencantumkan credit title maupun numbering title diawal maupun diakhir iklan. (untuk mempercepat proses penjurian)
  3. Materi dikirim dalam bentuk CD/DVD format MPEG
  4. Dalam satu VCD/DVD hanya berisi satu karya/entry
  5. VCD/DVD disertai data spesifikasi karya dan pengirim pada cover dan VCD/DVD
IV. IKLAN KAMPANYE (MIX MEDIA)

Iklan yang minimal terdiri dari minimal 3 media yang berbeda. Contoh : print ad., radio ad, TVC.


V. MEDIA LUAR RUANG

1. Produk Komersial dan Event (Billboard, Coverboard, Spanduk, Rontek dan kaitannya)

2. PSA/Public Service Advertisement (Billboard, Coverboard, Spanduk, Rontek dan kaitannya)

Ketentuan Pengiriman

  1. Materi dikirim dalam bentuk Proof Print maksimal A3 ( 30 x 42 cm), ditempelkan dengan teknik mounting pada kertas karton atau sejenis berwarna hitam dengan batas margin 3 cm di sekelilingnya
  2. Karya juga dikirim dalam bentuk file yang disimpan dalam CD (format JPG ukuran 300 dpi – RGB color) dengan disertai spesifikasi karya serta data pengirim pada cover dan CD.
  3. Harus melampirkan foto dokumentasi bentuk aslinya yang sudah terpasang
VI. IKLAN MATERI PENUNJANG

A. Poster

1. Commercial Product
2. Event
3. Iklan Layanan Masyarakat (PSA)

A. Direct mail (brosur, leaflet, postcard, dll)

1. Commercial Product
2. Event
3. Iklan Layanan Masyarakat (PSA)

C. Unconventional Media

D. Website/CD Interaktif

Ketentuan Pengiriman

  1. Materi dikirim dalam bentuk Proof Print ukuran A3 ( 30 x 42 cm)
  2. Print out karya di tempelkan dengan teknik mounting pada kertas karton hitam dengan batas margin 3 cm di sekelilingnya
  3. Karya juga dikirim dalam bentuk file yang disimpan dalam CD (materi format JPG maks 300 kb – RGB color) dengan disertai spesifikasi karya serta data pengirim pada cover/CD.
  4. Karya dilampiri foto dokumentasi pada saat poster/leaflet diaplikasikan
  5. Khusus untuk kategori Web Design, materi disertakan bentuk off-line dalam CD dan pada saat penjurian web harus aktif (dapat diakses).
Setiap karya hanya boleh dimasukkan dalam salah satu kategori (Bawana atau Baskara) tidak boleh didaftarkan pada kedua-duanya

No comments: