Wednesday, July 9, 2008

AdStudent Pinasthika 2008


Creative Brief AdStudent Pinasthika 2008

Theme/Topic:
usahaku untuk meningkatkan kualitas diri

Client:
PPPI Jogja – Pinasthika Comittee

Brand:
Public Service Campaign

Description:
Brief AdStudent Competition

Deadline:
18 Juli 2008

What must the communication do?

In order to meningkatkan kesadaran para mahasiswa akan pentingnya berpikir kritis (berpikir dengan cara yang berbeda dari “aturan-aturan” ataupun “pendapat-pendapat” yang sudah baku) selain mendapatkan prestasi akademik yang baik, we must menyakinkan para mahasiswa bahwa berpikir dengan kritis penting untuk menunjang keberhasilan karir mereka di masa depan.

Who are we communicating to? What do we know about them?

Mahasiswa perguruan tinggi segala jurusan di seluruh Indonesia
Profil umum: banyak mahasiswa yang saat mulai kuliah kurang memikirkan dan merencanakan karirnya dan hanya terfokus pada pencapaian prestasi akademik yang baik saja. Hal ini dapat mengakibatkan mahasiswa tersebut kurang berani berpikir secara kritis karena dunia pendidikan lebih cenderung memberikan apresiasi terhadap kemampuan daya ingatan mahasiswa dan kurang memberikan apresiasi bagi pemikiran-pemikiran baru yang bersifat terobosan. Padahal berpikir kritis akan sangat penting peranannya dalam membina karir setelah lulus.

Insight:

Sebagai mahasiswa saya mempunyai prestasi akademik yang cukup baik, tapi saya tetap kuatir tidak dapat mendapatkan pekerjaaan setelah lulus.

What do we want them to think, or do, or feel?

Saya ingin mulai melatih berpikir secara kritis, berani “menentang kemapanan”, berani berpikir beda. Ini semua merupakan usahaku untuk meningkatkan kualitas diri.

What is the single-minded proposition?

Melatih berpikir kritis dan memperluas pengalaman akan memperbesar peluang saya berkarir kelak.

Why should the target believe it?

Penemuan-penemuan (inovasi) besar di dunia ini dimulai dari suatu cara berpikir kritis yang keluar dari pola-pola lama. Marshall McLuhan, seorang filosof dan ahli komunikasi dunia mengatakan: “Our age of anxiety is in great part the result of trying to do today’s job with yesterday’s tools and yesterday’s concepts”. Bila sempat, baca pula buku karangan Paul Arden yang berjudul "Whatever You Think, Think the Opposite”.

What is the desired tone and manner?

Memberikan inspirasi (inspiring) tapi sekaligus mampu menyentuh rasa humor mahasiswa

Are there any other considerations for executions really worth knowing?
  1. Memenuhi pedoman Etika Pariwara Indonesia
  2. Mencantumkan pernyataan “Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh PPPI” (kata PPPI ditampilkan dalam bentuk logo PPPI)
  3. Eksekusi dalam bentuk PrintAd (boleh hitam/putih atau berwarna) dengan ukuran A3

No comments: