Wednesday, July 9, 2008

Young Film Director

Creative Brief YFD Pinasthika 2008

Theme/Topic:
Sosok Pahlawan Bagimu

Client:
PPPI Jogja – Pinasthika Comittee

Brand:
Public Service Campaign

Description:
Creative Brief YFD Competition

Deadline:
18 Juli 2008


What must the communication do?

In order to meningkatkan kesadaran para mahasiswa akan pentingnya untuk memiliki sudut pandang yang optimis, we must menyakinkan para mahasiswa bahwa memiliki seorang panutan berarti mampu melihat segala sesuatu dari sisi positif dan mengambil hikmah dari apa yag kita lihat..

Who are we communicating to? What do we know about them?

Mahasiswa perguruan tinggi segala jurusan di seluruh Indonesia
Profil umum: banyak mahasiswa yang minder saat melihat dirinya sebagai generasi muda namun tidak banyak memberi kontribusi terhadap keluarga, lingkungan sekitar, apalagi Negara. Mereka tidak pernah merasa berkewajiban untuk melakukan sesuatu bagi sesamanya. Aktifitas dalam kehidupannya juga tidak banyak memberi inspirasi bagi sesama. Mereka hanya saling kumpul dengan teman sebayanya dan tidak banyak melakukan hal yang berguna.

Insight:

Sebagai mahasiswa saya adalah generasi muda yang akan meneruskan perjuangan bangsa dan juga keluarga saya, tapi apa yang harus saya lakukan sekarang?

What do we want them to think, or do, or feel?

Saya ingin mulai membenahi hidup saya dengan mulai berpikir positif dan makin optimis dalam mengejar cita-cita.

What is the single-minded proposition?

Saat melihat sesosok yang mampu untuk membawa kedamaian, berbagi kebaikan, hingga mencerminkan kegiatannya sebagai panutan atau bagi sesama, saya jadi semakin yakin untuk bangkit berkarya dan berbagi kebaikan dengan sesama.

Why should the target believe it?

Melalui gambaran sosok pahlawan yang mampu memberi hikmah bagiku, saya jadi semakin tahu bagaimana harus mengisi kehidupan ini. Pendekatan emosional lebih ampuh daripada logika. Sedikit perubahan dari sekarang akan mampu memberikan hikmah di kemudian hari.

What is the desired tone and manner?

Memberikan inspirasi (inspiring) dan motivasi tapi sekaligus mampu menyentuh sisi emosional mahasiswa.

Are there any other considerations for executions really worth knowing?
  1. Memenuhi pedoman Etika Pariwara Indonesia
  2. Mencantumkan pernyataan “Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh PPPI” (kata PPPI ditampilkan dalam bentuk logo PPPI)
  3. Eksekusi dalam bentuk TVC durasi 60” atau 30"

No comments: